GAPMMI - Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia
Rubrik : Berita PERINDUSTRIAN
Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 8%
Selasa, 20 Maret 12 - by : admin
BANDUNG - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan industri makanan dan minuman nasional tahun ini akan tumbuh sebesar 8,15%. Target pertumbuhan yang dicanangkan itu di bawah realisasi pertumbuhan industri makanan dan minuman pada tahun lalu yang mencapai 9,19%.

"Target pertumbuhan 8,15% ini adalah berdasarkan rencana strategis. Pada dasarnya, kami tetap yakin pertumbuhan bisa melebihi target itu. Realisasinya akan bagus," kata Dirjen Industri Agro Kemenperin Benny Wachyudi dalam workshop Kemenperin bertema "Pendalaman Kebijakan Industri" di Bandung akhir pekan lalu.

Pertumbuhan industri makanan dan minuman pada tahun ini, ujarnya, akan didorong oleh peningkatan utilisasi industri. Saat ini utilisasi industri makanan dan minuman belum mencapai 100%. Demi memacu pertumbuhan sebesar itu, imbuh dia, utilisasi produksi setidaknya harus dipacu menjadi sekitar 87% dari tingkat utilisasi saat ini.

Selain peningkatan utilisasi, realisasi investasi yang merupakan hasil konstruksi sejak 1,5-2 tahun lalu menurut dia juga akan mendorong pertumbuhan industri makanan dan minuman tahun ini. "Penopang lain, pengamanan pasar dalam negeri agar termanfaatkan maksimal," jelasnya.

Sekjen Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) Franky Sibarani pun optimistis pertumbuhan industri makanan dan minuman bisa sesuai target. Menurut dia, hal itu terbantu oleh kebijakan pemerintah untuk menunda kenaikan tarif tenaga listrik (TTL).

sumber : Seputar Indonesia Pagi
GAPMMI - Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia : http://www.gapmmi.or.id
Versi Online : http://www.gapmmi.or.id/?pilih=lihat&id=13411